Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Hardware, Software dan Brainware – Hadware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna), merupakan tiga rangkaian dasar komponen komputer yang sangat penting, sebab apabila salah satunya tidak ada maka akan mengakibatkan komputer tidak dapat dijalankan dengan normal dan baik.
Nah untuk anda yang belum mengerti tentang perbedaan antara pengertian hardware, software dan brainware berikut akan kami sajikan secara lengkap untuk anda.

Pengertian hadware, software dan brainware

1. Hardware

 

 

Yang dimaksud dengan hardware adalah  suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer, yang dapat dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh langsung secara fisik. Beberapa contoh dari hadware adalah sebagai berikut:
  • Pertama, perangkat input (masukan), adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk memberi masukkan (input) dari user (pengguna) lalu akan di proses oleh komputer. Berikut contoh perangkat masukan (input) :  pen tab, mouse, keyboard, touchpad, ligh pen, barcode, scanner, microphone dan lain sebagainya.
  • Kedua, perangkat proses, adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk melakukan proses masukan (input) yang sudah di berikan oleh pengguna (user) ke sebuah komputer. Misalnya seperti: processor.
  • Ketiga, perangkat output (keluaran), adalah sebuah perangkat keras yang berguna untuk memperlihatkan hasil masukan (input) yang sudah di olah oleh komputer dan selanjutnya akan di teruskan kepada pengguna (user). Misalnya seperti contoh berikut : monitor, printer, speaker, proyektor, plotter dan lain sebagainya.
2. Software (perangkat lunak)



Yang dimaksud dengan software adalah sebuah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh sebuah komputer. Data komputer yang di simpan tersebut dapat berupa progam yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak dapat dipegang hanya bisa dilihat dan digunakan. Beberapa contoh software adalah sebagai berikut:
  • Pertama, sistem operasi: merupakan suatu perangkat lunak atau software yang memang ada dan terpasang pada sebuah komputer sebagai jalur penghubung antara user (pengguna) dengan hardware (perangkat keras). Misalnya seperti: Windows, Linux, dan Mac OS, dll.
  • Kedua, software aplikasi: adalah suatu perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk di aplikasikan atau di gunakan agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan user (pengguna). Misalnya seperti: Microsoft Office, Libre Office, Corel Draw, Photoshop, Ilustrator, Premiere, After Effect, Blender, Unity dan lain sebagainya.

3. Brainware (pengguna)

 

Yang dimaksud dengan brainware adalah manusia yang memakai atau bisa disebut user yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Maka jika tanpa adanya campur tangan manusia, komputer tidak akan pernah bisa dijalankan dan digunakan.

Maka, peran brainware disini sangatlah penting agar komputer dapat dijalankan / digunakan dan di operasikan dengan baik oleh penggunanya.

Itulah Pengertian Hardware, Software dan Brainware, jangan lupa untuk menunggu update yang selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga :


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian & Perbedaan Jaringan Berkabel dan Nirkabel (LENGKAP)

Topologi Jaringan & Macam - Macam Topologi Jaringan